Persiapan Final Bongkar Batubara di Pelabuhan Cirebon

Cirebon, 26/09/2016,

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) bersama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon meninjau persiapan final bongkar muat batubara.

Kepala KSOP Cirebon, Rivollindo, GM PT. Pelindo Cirebon, Solikhin serta Pimpinan PT Bira Bumi Persada, Agus Purwanto beserta jajarannya melaksanakan tinjauan final persiapan bongkar batubara.

Diketahui bahwa operasional bongkar batubara akan kembali dilaksanakan di Pelabuhan Cirebon terhitung 27 September 2016. Kegiatan Bongkar batubara akan dilaksanakan pertama kali oleh PBM PT. Bira Bumi Persada. Menggandeng agen PT. Prima Lestari, Agus Purwanto mengatakan pihaknya akan meng-handle bongkaran batubara kurang lebih 4.000 ton dari tongkang BG. Bina Marine 18.

Menyambut hal tersebut, PT. Pelindo dan KSOP telah melakukan berbagai persiapan baik secara operasional dan administrasi. Di antaranya melaksanakan arahan dari Walikota Cirebon perihal penanganan debu batubara. Jaring penahan debu yang telah terpasang kini dilengkapi dengan water sprayer untuk meminimalisir debu yang beterbangan ke pemukiman warga. Sisi dermaga pun sudah dipasangi water sprayer untuk mengurangi dampak pencemaran debu saat pembongkaran. Ditambah, semua truck pengangkut batubara diwajibkan untuk melalui carwash untuk mengurangi debu yang menempel pada dinding-dinding dan ban truck.

Diharapkan dengan segala persiapan ini, operasional bongkar batubara yang mulai dilakukan besok (27/9) dapat terselenggara tanpa hambatan.