SURVEY KEPUASAN, KETIDAKPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Cirebon--PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) bekerja sama dengan Multi Utama Risetindo Consultant menyelenggarakan Survey Kepuasan Pelanggan IPC Cirebon tahun 2015.


Acara ini diselenggarakan selama tiga hari yakni mulai Rabu hingga Kamis, 18-20 November 2015. Menggaet Tim MUC sebagai konsultan independen yang menangani pelaksanaan survey, IPC Cirebon sukses mengumpulkan kurang-lebih tiga puluh mitra kerja yang berasal dari agen pelayaran dan mitra PBM.

Tim MUC dan IPC Cirebon membuka pelaksanaan survey dengan mendatangi para nahkoda kapal di hari pertama. Didampingi langsung oleh Bapak Capt. Herwantono dari PT. Jasa Armada Indonesia, survey hari pertama dapat diselesaikan tanpa kendala dan berhasil mengumpulkan lima belas responden.

Survey hari kedua diselenggarakan dengan mengundang seluruh agen pelayaran dan PBM yang beroperasi di wilayah Pelabuhan Cirebon. Acara dibuka oleh Bapak Hudadi Soerja Djanegara R selaku GM IPC Cirebon.

"Survey tahun ini merupakan tolak ukur bagi pelayanan kami ke depan, jadi kami harap bapak dan ibu dapat mengisi kuesionernya berdasarkan apa yang ibu/bapak rasakan," pesan Bapak Hudadi dalam sambutannya.

Sebelum pengisian dimulai, disampaikan pula pemaparan tindak lanjut survey pada tahun sebelumnya yang dipaparkan oleh AGMPK & PFSO IPC Cirebon, Bapak Iman Wahyu. Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa IPC Cirebon sudah melaksanakan berbagai perbaikan sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Pengisian kuesioner selanjutnya dipandu oleh Bapak Iman Dermawan dari Tim MUC Group.

"Kami tidak hanya akan mengukur sejauh apa kepuasan bapak/ibu sekalian pada IPC Cirebon, ketidakpuasan dan loyalitas bapak/ibu akan diukur juga melalui kuesioner ini," ujar Iman.

Acara selanjutnya diakhiri dengan pengisian kuesioner, sesi tanya-jawab, ramah-tamah dan hiburan.